Silabus
Bina
Bahasa Indonesia
Kelas
6a
SILABUS
Pelajaran 1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat
dari cerita anak yang dibaca
|
0 Siswa dapat mendengarkan
cerita anak
0 Siswa dapat menjawab
pertanyaan sesuai
dengan cerita
yang didengar
0 Siswa dapat menentukan
tokoh
dan sifat tokoh
cerita
0 Siswa dapat menentukan latar
cerita
0 Siswa dapat menceritakan
kembali cerita
yang didengar
|
Cerita anak
|
0 Mendengarkan
cerita anak
0 Menjawab pertanyaan
sesuadengan
cerita
yang didengar
0 Menentukan
tokoh
dan sifat tokoh
cerita
0 Menentukan latar
cerita
0 Menceritakan kembali
cerita
yang didengar
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
|
0 Siswa dapat memahami berbagai
jenis iklan
0 Siswa dapat menyampaikan isi
iklan secara
lisan
0 Siswa dapat mencari iklan di
surat kabar
kemudian
menyampaikan
isinya
|
Teks iklan
|
0 Siswa dapat memahami berbagai
jenis iklan
0 Siswa dapat menyampaikan isi
iklan secara
lisan
0 Siswa dapat mencari iklan di
surat kabar
kemudian
menyampaikan
isinya
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2-4 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu ( majalah
anak,Koran,dan lain-lain)
|
0 Siswa membaca intensif teks
bacaan
0 Siswa menyatakan pernyataan
yang sesuai
dengan isi bacaan
0 Siswa mencatat informasi-
informasi
penting dari bacaan
0 Siswa menanggapi isi bacaan
|
Teks Bacaan
|
0 Membaca intensif teks
bacaan
0 Menyatakan pernyataan
yang sesuai dengan
isi bacaan
0 Mencatat informasi-
informasi
penting dari bacaan
0 Menanggapi isi bacaan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.4-7 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.3 Menyusun percakapan
tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik
dan benar.
* Tanda baca titik dua ( : )
|
0 Siswa memahami penggunaan
tanda titik dua (
: ) dalam teks
percakapan
0 Siswa memperagakan teks
percakapan
0 Siswa mencatat informasi
penting yang
terdapat dalam teks
percakapan
0 Siswa melengkapi teks
percakapan yang
belum selesai
0 Siswa memperagakan tek
percakapan yang
dibuat sendiri
|
Teks Bacaan
|
0 Memahami penggunaan
tanda titik dua (
: ) dalam teks
percakapan
0 Memperagakan teks
percakapan
0 Mencatat informasi
penting yang
terdapat dalam
teks
percakapan
0 Melengkapi teks
percakapan yang
belum selesai
0 Memperagakan teks
percakapan yang
dibuat sendiri
|
2X pertemuan
4X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 7-9 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 2
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan
|
0 Siswa dapat mendengarkan
pembacaan teks
0 Siswa dapat melengkapi
pernyataan yang
sesuai dengan
teks
0 Siswa dapat menentukan hal-hal
penting dari
teks yang
didengarkan
0 Siswa dapat meringkas teks yang
didengarkan
berdasarkan halhal
penting/ pokok
|
Teks Bacaan
|
0 Mendengarkan
pembacaan teks
0 Melengkapi
pernyataan yang
sesuaidengan
teks
0 Menentukan
hal-hal
penting dari
teks yang
didengarkan
0 Meringkas teks
yang
didengarkan
berdasarkanhalhal
penting/ pokok
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 18 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
|
0 Siswa dapat
memperagakan
wawancara bersama
teman
0 Siswa dapat mencatat informasi
penting dalam
wawancara
tersebut
0 Siswa dapat menyampaikan
informasi
penting secara lisan
|
Teks wawancara
|
0 Memperagakan
wawancara bersama
teman
0 Mencatat informasi
penting dalam
wawancara
tersebut
0 Menyampaikan
informasi
penting secara lisan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.18-20 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu ( majalah
anak,Koran,dan lain-lain)
|
0 Siswa membaca teks berisi
informasi dari
kolom tertentu
0 Siswa menjawab pertanyaan
0 Siswa menjelaskan isi teks
secara lisan
0 Siswa memahami kalimat
permintaan
0 Siswa dapat melengkapi kalimat
permintaan
|
Teks Cerita
|
0 Membaca teks
berisi
informasi dari
kolom tertentu
0 Menjawab pertanyaan
0 Menjelaskan isi teks
secara lisan
0 Memahami kalimat
permintaan
0 Melengkapi kalimat
permintaan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.20-22 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.4. Mengisi kartu pos
|
0 Siswa dapat memahami isi kartu
pos
0 Siswa dapat menentukan bagian-
bagian kalimat
kartu pos dengan
benar
0 Siswa dapat mengisi kartu pos
berdasarkan
keterangan yang
sudah ditentukan
|
Kartu Pos
|
0 Memahami isi kartu
pos
0 Menentukan bagian bagian
kalimat kartu pos
dengan
benar
0 Mengisi kartu pos
berdasarkan
keterangan yang
sudah ditentukan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 22-25 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 3
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan 1.2 Mengidentifikasi
tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca
|
0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh
guru
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan terks
cerita yang didengar
0 Siswa dapat menentukan tokoh,sifat,latar cerita yang
didengar
0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa / alur
0 Siswa dapat meringkas cerita yang didengar
0 Siswa dapat menentukan amanat cerita
|
Cerita Anak
|
0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh guru
0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan terks cerita yang
didengar
0 Menentukan tokoh,sifat,latar cerita yang didengar
0 Menentukan urutan peristiwa / alur
0 Meringkas cerita yang didengar
0 Menentukan amanat cerita
|
2 X pertemuan
4X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 32 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
2.2 Menanggapi ( memuji/mengkritik ) suatu hal disertai
alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun
|
0 Siswa dapat memperagakan
Percakapan bersama teman
0 Siswa dapat membuat
kalimat
pujian
0 Siswa dapat membuat
percakapan
sederhana dengan menggunakan
kalimat pujian
0 Siswa dapat memperagakan
percakapan
yang telah dibuat
|
Kalimat Pujian
|
0 Memperagakan
Percakapan bersama teman
0 Membuat kalimat
pujian
0 Membuat percakapan
sederhana
dengan menggunakan kalimat pujian
0 Memperagakan percakapan
yang
telah dibuat
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal.33-35 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran,dan lain-lain)
|
0 Siswa membaca sekilas
teks
bacaan
0 Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan teks
bacaan
0 Siswa menanggapi pernyataan
dengan alas an
|
Teks Bacaan
|
0 Membaca sekilas
teks
bacaan
0 Menjawab pertanyaan
berdasarkan teks
bacaan
0 Menanggapi pernyataan
dengan alas an
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.35-36 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap
memperhatikan makna puisi
|
0 Siswa dapat memahami cara
mengubah puisi
menjadi prosa
0 Siswa dapat membaca puisi
dengan
penghayatan yang baik
0 Siswa dapat memparafrasekan
puisi
|
Puisi
|
0 Memahami cara
mengubah puisi
menjadi prosa
0 Membaca puisi
dengan
penghayatan yang baik
0 Memparafrasekan
puisi
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.36-38 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 4
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang
dibaca
|
0 Siswa dapat mendengarkan
pembacaan tips
yang dibacakan
guru
0 Siswa dapat menentukan
pernyataan yang
sesuai dengan
isi bacaan yang
didengar
0 Siswa dapat mencatat hal-hal
penting dari
bacaan yang
didengarkan
0 Siswa dapat menjelaskan
kembali isi
bacaan secara lisan
dengan kata-kata
sendiri
|
Tek Bacaan
|
0 Mendengarkan
pembacaan tips
yang
dibacakan
guru
0 Menentukan
pernyataan yang
sesuai dengan
isi bacaan yang
didengar
0 Mencatat hal-hal
penting dari
bacaan yang
didengarkan
0 Menjelaskan
kembali isi
bacaan secara lisan
dengan kata-kata
sendiri
|
1 X pertemuan
2X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 46 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
2.2 Menanggapi (
memuji/mengkritik ) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan
bahasa yang santun
|
0 Siswa dapat membaca
contoh tanggapan pembacaan pusi
0 Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi yang telah
disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
0 Siswa dapat menanggapi secara lisan pembacaan puisi
teman
|
Puisi anak
|
0 Membaca contoh tanggapan
pembacaan pusi
0 Menanggapi pembacaan
puisiyang telah disediakan
secara lisan
dengan
bahasa yang
santun
0 Menanggapi secara lisan
pembacaan puisi teman
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 47-48 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
hasil pengamatan/kunjungan
|
0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan
memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan
pengamatan
0 Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
0 Siswa dapat melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
|
Teks Laporan pengamatan
|
0 Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami
bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
0 Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
0 Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.48-49 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.1 Mengisi formulir ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,kartu
pos,daftar riwayat hidup dll) dengan benar
|
0 Siswa dapat memahami
penulisan wesel pos
0 Siswa dapat mengisi wesel pos
berdasarkan
keterangan yang
sudah ditentukan
0 Siswa dapat memahami kalimat
anjuran
0 Siswa dapat memilih kalimat
anjuran yang
tepat
0 Siswa dapat membuat kalimat
anjuran
|
Wesel
Pos
|
0 Memahami
penulisan wesel pos
0 Mengisi wesel
pos
berdasarkan
keterangan yang
sudah ditentukan
0 Memahami kalimat
anjuran
0 Memilih kalimat
anjuran yang
tepat
0 Membuat kalimat
anjuran
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.50-52 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 5
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang
dibaca
|
0 Siswa dapat mendengarkan
pembacaan
wawancara
0 Siswa dapat menjawab
pertanyaan
berdasarkan tek
wawancara yang
didengarkan
0 Siswa dapat menentukan hal-hal
penting pokok
dari wawancara
yang didengar
|
Tek Wawancara
|
0 Mendengarkan
pembacaan
wawancara
0 Menjawab
pertanyaan
berdasarkan tek
wawancara yang
didengarkan
0 Menentukan hal-hal
penting pokok
dari wawancara
yang didengar
|
1 X pertemuan
2X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 60 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang runtun ,baik danbenar
|
0 Siswa dapat
membaca teks
bacaan
0 Siswa dapat menentukan
informasi setiap
paragraph
0 Siswa dapat menyampaikan
informasi secara
lisan
0 Siswa dapat mencari informasi
dari bacaan lain
|
Teks Bacaan
|
0 Membaca teks
bacaan
0 Menentukan
informasi setiap
paragraph
0 Menyampaikan
informasi secara
lisan
0 Mencari informasi
dari bacaan lain
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.61-62 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
hasil pengamatan/kunjungan
|
0 Siswa dapat membaca laporan
hasil pengamatan
0 Siswa dapat membahas isi
laporan hasil
pengamatan
0 Siswa dapat melaporkan hasil
pengamatan di
depan kelas
|
Teks Laporan pengamatan
|
0 Membaca laporan
hasil pengamatan
0 Membahas isi
laporan hasil
pengamatan
0 Melaporkan hasil
pengamatan di
depan kelas
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.62-63 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang
didengar
|
0 Siswa dapat membaca cerita
pendek
0 Siswa dapat menjawab
pertanyaan
berdasarkan cerita
yang dibaca
0 Siswa dapat menentukan urutan
peristiwa cerita
pendek
0 Siswa dapat meringkas cerita
yang dibaca
berdasarkan urutan
peristiwa
0 Siswa dapat mengidentifikasi
kata-kata
bersinonim yang
terdapat dalam
teks bacaan
0 Siswa dapat mencari antonym
kata yang
terdapat dalam bacaan
|
Teks Cerita Pendek
|
0 Membaca cerita
pendek
0 Menjawab
pertanyaan
berdasarkan cerita
yang dibaca
0 Menentukan urutan
peristiwa cerita
pendek
0 Meringkas cerita
yang dibaca
berdasarkan
urutan peristiwa
0 Mengidentifikasi
kata-kata bersinonim
yang
terdapat dalam
teks bacaan
0 Mencari antonym
kata yang
terdapat dalam
bacaan
|
2 X pertemuan
4 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 63-66 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 6
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
.1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat
dari cerita anak yang dibaca
|
0 Siswa dapat mendengarkan
Cerita anak yang
dibaca guru
0 Siswa dapat menjawab
pertanyaan
0 Siswa dapat mencatat tokoh
cerita dan sifat tokoh
0 Siswa dapat menentukan latar
dan tema atau
amanat cerita anak
0 Siswa dapat menentukan alur
atau urutan
peristiwa
0 Siswa dapat meringkas cerita
anak yang
didengarkan
berdasarkan
urutan yang telah
ditentukan
|
Teks Cerita Anak
|
0 Mendengarkan
Cerita anak yang
dibaca guru
0 Menjawab
pertanyaan
0 Mencatat tokoh
cerita dan
sifat tokoh
0 Menentukan latar
dan tema atau
amanat cerita
anak
0 Menentukan alur
atau urutan
peristiwa
0 Meringkas cerita
anak yang
didengarkan
berdasarkan
urutan yang telah
ditentukan
|
1 X pertemuan
2X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 78-79 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtun
,baik danbenar
|
0 Siswa dapat membaca teks
bacaan
0 Siswa dapat
menentukan
Hal-hal penting setiap paragrap
0 Siswa dapat menjelaskan
kembali isi bacaan secara lisan
0 Siswa dapat mencari
informasi
Pada surat
kabar
|
Teks Bacaan
|
0 Membaca teks
bacaan
0 Menentukan
informasi setiap paragraph
0 Menyampaikan
informasi secara lisan
0 Mencari informasi
dari bacaan lain
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal.79- 81 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.1 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu ( majalah anak,Koran dll )
|
0 Siswa dapat membuat
pertanyaan
berdasarkan bacaan
informasi yang
dibaca
0 Siswa dapat memberikan
tanggapan berupa
pertanyaan
atau saran
0 Siswa dapat menceritakan
kembali isi
bacaan secara lisan
0 Siswa dapat mencari informasi
lain di surat kabar
0 Siswa dapat menanggapi isi
bacaan
|
Teks Bacaan
|
0 Membuat
pertanyaan
berdasarkan bacaan
informasi yang
dibaca
0 Memberikan
tanggapan berupa
pertanyaan
atau saran
0 Menceritakan
kembali isi
bacaan secara lisan
0 Mencari informasi
lain di surat kabar
0 Menanggapi isi
bacaan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.82-84 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.3. Menyusun percakapan
tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan
* Memahami kalimat
pengandaian
|
0 Siswa dapat membaca
percakapan bersama teman
0 Siswa dapat menentukan
pokok-pokok pembicaraandalam percakapan
0 Siswa dapat melengkapi
percakapan yang belum lengkap
0 Siswa dapat membuat
percakapan bersama teman
0 Siswa dapat membuat
kalimat pengandaian
|
Teks Percakapan
|
0 Membaca percakapan
bersama teman
0 Menentukan pokok-pokok
pembicaraandalam percakapan
0 Melengkapi percakapan
yang belum
lengkap
0 Membuat percakapan
bersama teman
0 Membuat kalimat pengandaian
|
2 X
pertemuan
4 X
35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal. 84-87 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 7
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang
dibaca
|
0 Siswa dapat mendengarkan
pembacaan teks
berita radio
yang dibacakan
guru
0 Siswa dapat menjawab
pertanyaan
berdasarkan berita
radio yang
didengarkan
0 Siswa dapat mencatat pokok-
pokok informasi
berita radio
yang lain
0 Siswa dapat menanggapi dan
membuat
kesimpulan isi berita
radio yang
didengar
|
Berita Radio
|
0 Mendengarkan
pembacaan teks
berita radio
yang dibacakan
guru
0 Menjawab
pertanyaan
berdasarkan berita
radio yang
didengarkan
0 Mencatat pokok-
pokok informasi berita radio
yang lain
0 Menanggapi dan
membuat
kesimpulan isi berita
radio yang
didengar
|
1 X pertemuan
2X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 96-97 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
.1.2 Menanggapi (
memuji/mengkritik ) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan
bahasa yang santun
|
0 Siswa dapat
membaca
percakapan berisi
kritikan dan
pujian
0 Siswa dapat memuji dan
mengkritikberdasarkan
penjelasan
0 Siswa dapat membuat
percakapan
menggunakan
kalimat pujian
dan kritikan
|
Teks percakapan
|
0 Membaca percakapan berisi
kritikan dan
pujian
0 Memuji dan
mengkritikberdasarkan
penjelasan
0 Membuat percakapan
menggunakan
kalimat pujian
dan kritikan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.97-100 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
hasil pengamatan/kunjungan
|
0 Siswa dapat membaca laporan
hasil pengamatan
0 Siswa dapat membahas isi
laporan hasil
pengamatan
0 Siswa dapat memberikan saran
disertai alas an
0 Siswa dapat menjelaskan isi
laporan hasil
pengamatan
0 Siswa dapat membuat laporan
hasil pengamatan
kemudian
menjelaskannya
|
Laporan hasil pengamatan
|
0 Membaca laporan
hasil pengamatan
0 Membahas isi
laporan hasil
pengamatan
0 Memberikan saran
disertai alas an
0 Menjelaskan isi
laporan hasil pengamatan
0 Membuat laporan
hasil pengamatan
kemudian
menjelaskannya
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.100-101 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap
memperhatikan makna puisi
|
0 Siswa dapat membacakan
puisi dengan
lafal dan intonasi yang tepat
0 Siswa dapat mengubah
puisi ke dalam
bentuk prosa
0 Siswa dapat menulis puisi
dan
membacakannya dengan lafal dan
intonasi yang tepat
0 Siswa dapat
memparafrasekan puisi
karya sendiri
0 Siswa dapat memahami pengunaan
keterangan waktu dan tempat
|
Puisi
|
0 Membacakan puisi
dengan
lafal dan intonasi yang tepat
0 Mengubah puisi ke
dalam
bentuk prosa
0 Menulis puisi dan
membacakannya dengan lafal dan
intonasi yang tepat
0 Memparafrasekan puisi
karya sendiri
0 Memahami pengunaan
keterangan waktu dan tempat
|
2 X pertemuan
4 X
35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal. 101-103 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 8
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
1.2 Mengidentifikasi
tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca
|
0 Siswa dapat
mendengarkan
dongeng
0 Siswa dapat menjawab dan
membuat pertanyaan
berdasarkan dongeng yang
didengar
0 Siswa dapat menentukan
tokoh
dan sifat tokoh dongeng yang
didengar
0 Siswa dapat menentukan
latar,tema,dan amanat dongeng
yang didengar
0 Siswa dapat menceritakan
kembali dongeng yang didengar
0Siswa dapat menentukan
tokoh,amanat,tema cerita lain
|
Teks Dongeng
|
0 Mendengarkan
dongeng
0 Menjawab
dan
membuat pertanyaan
berdasarkan dongeng yang
didengar
0 Menentukan tokoh
dan sifat tokoh dongeng yang
didengar
0 Menentukan
latar,tema,dan amanat dongeng
yang didengar
0 Menceritakan
kembali dongeng yang
didengar
0 Menentukan
tokoh,amanat,tema cerita lain
|
2 X pertemuan
4 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal 110-111Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang runtun ,baik danbenar
|
0 Siswa dapat
membaca
Teks bacaan dalam surat kabar
0 Siswa dapat menjawab
pertanyaan berdasarkan teks
bacaan
0 Siswa dapat mencatat informasi
penting yang
terdapat dalam teks
bacaan
kemudian
menyampaikannya
secara lisan
|
Teks Bacaan
|
0 Membaca
Teks bacaan
dalam surat
kabar
0 Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks
bacaan
0 Mencatat informasi
penting yang
terdapat dalam
teks bacaan kemudian
menyampaikannya
secara lisan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.112-113 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi : Memahami
teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.1 Menanggapi
informasi dari kolom/rubric khusu
( majalah anak,Koran dll )
|
0 Siswa dapat membaca intensif
teks bacaan
0 Siswa dapat menjawab
pertanyaan bacaan
berdasarkan
teks bacaan yang
dibaca
0 Siswa dapat menanggapi isi
bacaan informasi
0 Siswa dapat membaca teks di
surat kabar kemudian mencatat
dan menanggapi informasinya
|
Teks Bacaan
|
0 Membaca intensif
teks bacaan
0 Menjawab
pertanyaan bacaan
berdasarkan
teks bacaan yang
dibaca
0 Menanggapi isi
bacaan informasi
0 Membaca teks di
surat kabar kemudian
mencatat dan menanggapi
informasinya
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.114-115 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.1 Mengisi formulir ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,kartu
pos,daftar riwayat hidup dll) dengan benar
# Kalimat majemuk bertingkat
|
0 Siswa dapa memahami penulisan
formulir pendaftaran
0 Siswa dapat mengisi
formulir
pendaftaran dengan benar
0 Siswa dapat mencari
contoh formulir
pendaptaran kemudian
membandingkannya
0 Siswa dapat mengubah data
diri dalam
formulir pendaftaran ke dalam bentuk
narasi
0 Siswa dapat memahami
kalimat
majemuk bertingkat
0 Siswa dapat memisahkan
kalimat
majemuk bertingkat menjadi beberapa
kalimat tunggal
|
Formulir Pendaftaran
|
0 Memahami penulisan
formulir pendaftaran
0 Mengisi formulir
pendaftaran dengan benar
0 Mencari contoh
formulir
pendaptaran kemudian
membandingkannya
0 Mengubah data diri
dalam
formulir pendaftaran ke dalam bentuk
narasi
0 Memahami kalimat
majemuk bertingkat
0 Memisahkan kalimat
majemuk bertingkat menjadi beberapa kalimat tunggal
|
2 X
pertemuan
4 X
35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal. 115-119 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
SILABUS
Pelajaran 9
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
1.Mendengarkan
1.2 Mengidentifikasi
tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca
|
0 Siswa dapat
mendengarkan
Cerita pendek kemudian menjawab
pertanyaan
0 Siswa dapat menentukan
tokoh
dan sifat tokoh cerita pendek yang
didengar
0 Siswa dapat
menentukan
latar,tema,dan amanat cerita pendek
yang didengar
0 Siswa dapat
menceritakan
kembali cerita pendek menuju ke alur
yang ditentukan
0 Siswa dapat
menentukan
tokoh,amanat,tema ceritapendek lain
|
Teks Cerita Pendek
|
0 Mendengarkan
Cerita pendek kemudian menjawab
pertanyaan
0 Menentukan tokoh
dan sifat tokoh cerita pendek yang
didengar
0 Menentukan
latar,tema,dan amanat cerita pendek
yang didengar
0 Menceritakan
kembali cerita pendek menuju ke
alur yang ditentukan
0 Menentukan
tokoh,amanat,tema ceritapendek lain
|
2 X pertemuan
4 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal 128 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
2.Berbicara
1.2 Menanggapi (
memuji/mengkritik ) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan
bahasa yang santun
|
0 Siswa dapat
memperagakan
percakapan yang
mengandung
oujian
0 Siswa dapat memberikan
tanggapan terhadap suatu
hal/keadaan
0 Siswa dapat menyampaikan
tanggapan kepada
orang lain
0 Siswa dapat membuat
percakapan
|
Teks Percakapan
|
0 Memperagakan
percakapan yang
mengandung
oujian
0 Memberikan
tanggapan terhadap suatu
hal/keadaan
0 Menyampaikan
tanggapan kepada
orang lain
0 Membuat
percakapan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.129 – 131 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
3.Membaca
3.1 Menanggapi
informasi dari kolom/rubric khusu
( majalah anak,Koran dll )
|
0 Siswa dapat membaca
teks bacaan
dengan seksama
0 Siswa dapat menentukan pokok
pikiran setiap
paragraph
0 Siswa dapat menanggapi isi
bacaan
|
Teks Bacaan
|
0 Membaca
teks bacaan
dengan seksama
0 Menentukan pokok
pikiran setiap
paragraph
0 Menanggapi isi
bacaan
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.131-133 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
6/ pertama
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Alat dan Sumber Bahan
|
Penilaian
|
4.Menulis
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk
prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
* Menggunakan tanda garis miring dalam kalimat
|
0 Siswa dapa membaca puisi
dengan penghayatan
0 Siswa dapat mencatat
pesan atau amanat puisi
0 Siswa dapat
memparafrasekan puisi yang telah disediakan
0 Siswa dapat mencari pusi
dan memparafrasekan puisi tersebut
0 Siswa adapat mengenal
penggunaan tanda baca garis miring /
0 Siswa dapat membubuhi
tanda baca garis miring dalam kalimat
|
Formulir Pendaftaran
|
0 Membaca puisi dengan
penghayatan
0 Mencatat pesan atau amanat puisi
0 Memparafrasekan puisi yang telah
disediakan
0 Mencari pusi dan memparafrasekan
puisi tersebut
0 Mengenal penggunaan tanda baca
garis miring /
0 Membubuhi tanda baca garis miring
dalam kalimat
|
2 X
pertemuan
4 X
35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia
hal. 133 – 136 Penerbit Erlangga
|
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saya berkomentar