DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73
KERJA KITA PRESTASI BANGSA

Kamis, 02 Agustus 2012

silabus 6A













Silabus
Bina Bahasa Indonesia
Kelas 6a



















SILABUS
Pelajaran 1
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca

0 Siswa dapat mendengarkan                      
    cerita anak
0 Siswa dapat menjawab            
   pertanyaan sesuai dengan cerita        
   yang didengar
0 Siswa dapat menentukan  tokoh       
   dan sifat tokoh cerita
0 Siswa dapat menentukan latar 
   cerita
0 Siswa dapat menceritakan 
   kembali cerita yang didengar

Cerita anak
0  Mendengarkan                                  
    cerita anak
0 Menjawab pertanyaan           
   sesuadengan cerita        
   yang didengar
0 Menentukan  tokoh       
   dan sifat tokoh cerita
0 Menentukan latar 
   cerita
0 Menceritakan  kembali cerita                      
   yang didengar

1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar

0 Siswa dapat memahami berbagai                             
    jenis iklan
0 Siswa dapat menyampaikan isi         
    iklan secara lisan
0 Siswa dapat mencari iklan di    
    surat kabar kemudian  
     menyampaikan isinya

Teks iklan
0 Siswa dapat memahami berbagai                             
    jenis iklan
0 Siswa dapat menyampaikan isi         
    iklan secara lisan
0 Siswa dapat mencari iklan di    
    surat kabar kemudian  
     menyampaikan isinya

1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2-4 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu ( majalah anak,Koran,dan lain-lain)
0 Siswa membaca intensif teks    
   bacaan
0 Siswa menyatakan pernyataan    
    yang sesuai dengan isi bacaan
0 Siswa mencatat informasi-
    informasi penting dari bacaan
0 Siswa menanggapi isi bacaan

Teks Bacaan
0 Membaca intensif teks    
   bacaan
0 Menyatakan pernyataan    
    yang sesuai dengan isi bacaan
0 Mencatat informasi-
    informasi penting dari bacaan
0 Menanggapi isi bacaan



1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.4-7 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.3 Menyusun percakapan  tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar.
* Tanda baca titik dua ( : )
0 Siswa memahami penggunaan 
   tanda titik dua ( : ) dalam teks         
   percakapan
0 Siswa memperagakan teks  
   percakapan
0 Siswa mencatat informasi 
   penting yang terdapat dalam teks  
   percakapan
0 Siswa melengkapi teks 
   percakapan yang belum selesai
0 Siswa memperagakan tek 
   percakapan yang dibuat sendiri

Teks Bacaan
0 Memahami penggunaan 
   tanda titik dua ( : ) dalam teks         
   percakapan
0 Memperagakan teks  
   percakapan
0 Mencatat informasi 
   penting yang terdapat dalam 
   teks  
   percakapan
0 Melengkapi teks 
   percakapan yang belum selesai
0 Memperagakan teks 
   percakapan yang dibuat sendiri

2X pertemuan
 4X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 7-9 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
SILABUS
Pelajaran 2
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

0 Siswa dapat mendengarkan 
    pembacaan teks
0 Siswa dapat melengkapi   
    pernyataan yang sesuai dengan 
    teks
0 Siswa dapat menentukan hal-hal 
    penting dari teks yang 
   didengarkan
0 Siswa dapat meringkas teks yang 
   didengarkan berdasarkan halhal 
   penting/ pokok

Teks Bacaan
0 Mendengarkan 
    pembacaan teks
0  Melengkapi   
    pernyataan yang sesuaidengan 
    teks
0  Menentukan hal-hal 
    penting dari teks yang 
   didengarkan
0  Meringkas teks yang 
   didengarkan berdasarkanhalhal 
   penting/ pokok

 1 X pertemuan
 2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 18 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar

0 Siswa dapat  memperagakan 
   wawancara bersama teman
0 Siswa dapat mencatat informasi 
   penting dalam wawancara              
   tersebut
0 Siswa dapat menyampaikan 
    informasi penting secara lisan

Teks wawancara
0 Memperagakan 
   wawancara bersama teman
0 Mencatat informasi 
   penting dalam wawancara              
   tersebut
0 Menyampaikan 
    informasi penting secara lisan



1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.18-20 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu ( majalah anak,Koran,dan lain-lain)
0 Siswa membaca  teks berisi  
   informasi dari kolom tertentu   
0 Siswa menjawab pertanyaan
0 Siswa menjelaskan isi teks  
   secara  lisan
0 Siswa memahami kalimat 
   permintaan
0 Siswa dapat melengkapi kalimat    
   permintaan

Teks Cerita
0 Membaca  teks berisi  
   informasi dari kolom tertentu   
0 Menjawab pertanyaan
0 Menjelaskan isi teks  
   secara  lisan
0 Memahami kalimat 
   permintaan
0 Melengkapi kalimat    
   permintaan




1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.20-22 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.4. Mengisi kartu pos
0 Siswa dapat memahami isi kartu    
   pos
0 Siswa dapat menentukan bagian-
    bagian kalimat kartu pos dengan  
    benar
0 Siswa dapat mengisi kartu pos  
   berdasarkan keterangan yang  
   sudah ditentukan

Kartu Pos
0 Memahami isi kartu   
   pos
0 Menentukan bagian bagian  
   kalimat kartu pos dengan 
   benar
0 Mengisi kartu pos 
   berdasarkan keterangan yang 
   sudah ditentukan

1  X pertemuan
 2  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 22-25 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan


SILABUS
Pelajaran 3
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan                1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca


0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh guru
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan terks cerita yang didengar
0 Siswa dapat menentukan tokoh,sifat,latar cerita yang didengar
0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa / alur
0 Siswa dapat meringkas cerita yang didengar
0 Siswa dapat menentukan amanat cerita
Cerita Anak
0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh guru
0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan terks cerita yang didengar
0 Menentukan tokoh,sifat,latar cerita yang didengar
0 Menentukan urutan peristiwa / alur
0 Meringkas cerita yang didengar
0 Menentukan amanat cerita


 2 X pertemuan
  4X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 32 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.2 Menanggapi                             ( memuji/mengkritik ) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

0 Siswa dapat  memperagakan 
    Percakapan  bersama teman
0 Siswa dapat membuat kalimat 
   pujian
0 Siswa dapat membuat percakapan   
   sederhana dengan menggunakan  
   kalimat pujian
0 Siswa dapat memperagakan percakapan  
   yang telah dibuat

Kalimat Pujian
0 Memperagakan 
    Percakapan  bersama teman
0 Membuat kalimat 
   pujian
0 Membuat percakapan sederhana                          
   dengan menggunakan kalimat pujian
0 Memperagakan percakapan yang     
   telah dibuat


1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.33-35 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus     ( majalah anak,Koran,dan lain-lain)
0 Siswa membaca  sekilas teks        
    bacaan  
0 Siswa menjawab pertanyaan  
   berdasarkan teks bacaan
0 Siswa menanggapi pernyataan 
   dengan alas an

Teks Bacaan
0 Membaca  sekilas teks        
    bacaan  
0 Menjawab pertanyaan 
   berdasarkan teks bacaan
0 Menanggapi pernyataan 
   dengan alas an





1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.35-36 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
0 Siswa dapat memahami cara  
   mengubah puisi menjadi prosa
0 Siswa dapat membaca puisi 
   dengan penghayatan yang baik
0 Siswa dapat memparafrasekan 
   puisi

Puisi
0 Memahami cara  
   mengubah puisi menjadi prosa
0 Membaca puisi 
   dengan penghayatan yang baik
0 Memparafrasekan 
   puisi

1  X pertemuan
 2  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.36-38 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan






SILABUS
Pelajaran 4
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan               
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibaca


0 Siswa dapat mendengarkan 
   pembacaan tips yang dibacakan 
   guru
0 Siswa dapat menentukan 
   pernyataan yang sesuai dengan   
   isi bacaan yang didengar
0 Siswa dapat mencatat hal-hal  
   penting dari bacaan yang 
   didengarkan
0 Siswa dapat menjelaskan 
   kembali isi bacaan secara lisan  
   dengan kata-kata sendiri

Tek Bacaan
0 Mendengarkan 
   pembacaan tips yang 
   dibacakan 
   guru
0 Menentukan 
   pernyataan yang sesuai dengan   
   isi bacaan yang didengar
0 Mencatat hal-hal  
   penting dari bacaan yang 
   didengarkan
0 Menjelaskan 
   kembali isi bacaan secara lisan  
   dengan kata-kata sendiri
 1 X pertemuan
  2X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 46 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.2 Menanggapi                             ( memuji/mengkritik ) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

0 Siswa dapat  membaca contoh tanggapan pembacaan pusi
0 Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
0 Siswa dapat menanggapi secara lisan pembacaan puisi teman

Puisi anak
0 Membaca contoh tanggapan  
    pembacaan pusi
0 Menanggapi pembacaan      
    puisiyang   telah disediakan  
    secara lisan dengan 
    bahasa yang santun
0 Menanggapi secara lisan                           
   pembacaan    puisi teman

1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 47-48 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
0 Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
0 Siswa dapat melaporkan hasil pengamatan di depan kelas

Teks Laporan pengamatan
0 Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
0 Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
0 Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas

1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.48-49 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1 Mengisi formulir ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll) dengan benar
0 Siswa dapat memahami  
   penulisan wesel pos
0 Siswa dapat mengisi wesel pos  
   berdasarkan keterangan yang 
   sudah ditentukan
0 Siswa dapat memahami kalimat 
   anjuran
0 Siswa dapat memilih kalimat 
   anjuran yang tepat
0 Siswa dapat membuat kalimat 
   anjuran
Wesel Pos
0 Memahami  
   penulisan wesel pos
0 Mengisi wesel pos  
   berdasarkan keterangan yang 
   sudah ditentukan
0 Memahami kalimat 
   anjuran
0 Memilih kalimat 
   anjuran yang tepat
0 Membuat kalimat 
   anjuran
1  X pertemuan
 2  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.50-52 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
SILABUS
Pelajaran 5
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan               
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibaca


0 Siswa dapat mendengarkan  
   pembacaan wawancara
0 Siswa dapat menjawab 
   pertanyaan berdasarkan tek 
   wawancara yang didengarkan
0 Siswa dapat menentukan hal-hal  
    penting pokok dari wawancara   
    yang didengar

Tek Wawancara
0 Mendengarkan  
   pembacaan wawancara
0 Menjawab 
   pertanyaan berdasarkan tek 
   wawancara yang didengarkan
0 Menentukan hal-hal  
    penting pokok dari wawancara   
    yang didengar

 1 X pertemuan
  2X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 60 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtun ,baik danbenar





0 Siswa dapat  membaca teks 
   bacaan
0 Siswa dapat menentukan 
   informasi setiap paragraph
0 Siswa dapat menyampaikan 
   informasi secara lisan
0 Siswa dapat mencari informasi 
   dari bacaan lain
Teks Bacaan
0 Membaca teks 
   bacaan
0 Menentukan 
   informasi setiap paragraph
0 Menyampaikan 
   informasi secara lisan
0 Mencari informasi 
   dari bacaan lain
1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.61-62 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
0 Siswa dapat membaca laporan 
   hasil pengamatan
0 Siswa dapat membahas isi 
   laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat melaporkan hasil  
   pengamatan di depan kelas

Teks Laporan pengamatan
0 Membaca laporan 
   hasil pengamatan
0 Membahas isi 
   laporan hasil pengamatan
0 Melaporkan hasil 
   pengamatan di depan kelas


1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.62-63 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
0 Siswa dapat membaca cerita  
    pendek
0 Siswa dapat menjawab  
   pertanyaan berdasarkan cerita 
   yang dibaca
0 Siswa dapat menentukan urutan 
   peristiwa cerita pendek
0 Siswa dapat meringkas cerita 
   yang dibaca berdasarkan urutan 
   peristiwa
0 Siswa dapat mengidentifikasi 
   kata-kata bersinonim yang 
   terdapat dalam teks bacaan
0 Siswa dapat mencari antonym 
   kata yang terdapat dalam bacaan

Teks Cerita Pendek
0 Membaca cerita  
    pendek
0 Menjawab  
   pertanyaan berdasarkan cerita 
   yang dibaca
0 Menentukan urutan 
   peristiwa cerita pendek
0 Meringkas cerita 
   yang dibaca berdasarkan    
   urutan   peristiwa
0 Mengidentifikasi 
   kata-kata bersinonim yang 
   terdapat dalam teks bacaan
0 Mencari antonym 
   kata yang terdapat dalam 
   bacaan
 2  X pertemuan
  4  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 63-66 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
SILABUS
Pelajaran 6
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan                
.1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca



0 Siswa dapat mendengarkan  
   Cerita anak yang dibaca guru
0 Siswa dapat menjawab 
   pertanyaan
0 Siswa dapat mencatat tokoh  
   cerita dan sifat  tokoh
0 Siswa dapat menentukan latar 
   dan tema atau amanat cerita anak
0 Siswa dapat menentukan alur 
   atau urutan peristiwa
0 Siswa dapat meringkas cerita 
   anak yang didengarkan 
   berdasarkan urutan yang telah 
  ditentukan

Teks Cerita Anak
0 Mendengarkan  
   Cerita anak yang dibaca guru
0 Menjawab 
   pertanyaan
0 Mencatat tokoh  
   cerita dan sifat  tokoh
0 Menentukan latar 
   dan tema atau amanat cerita  
    anak
0 Menentukan alur 
   atau urutan peristiwa
0 Meringkas cerita 
   anak yang didengarkan 
   berdasarkan urutan yang telah 
  ditentukan

 1 X pertemuan
  2X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 78-79 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtun ,baik danbenar



0 Siswa dapat  membaca teks 
   bacaan
0 Siswa dapat menentukan 
   Hal-hal penting setiap paragrap
0 Siswa dapat menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan
0 Siswa dapat mencari informasi 
  Pada surat kabar

Teks Bacaan
0 Membaca teks 
   bacaan
0 Menentukan 
   informasi setiap paragraph
0 Menyampaikan 
   informasi secara lisan
0 Mencari informasi 
   dari bacaan lain

1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.79- 81 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu       ( majalah  anak,Koran dll )
0 Siswa dapat membuat  
   pertanyaan berdasarkan bacaan  
   informasi yang dibaca
0 Siswa dapat memberikan  
   tanggapan berupa pertanyaan  
   atau saran
0 Siswa dapat menceritakan  
    kembali isi bacaan secara lisan
0 Siswa dapat mencari informasi  
   lain di surat kabar
0 Siswa dapat menanggapi isi 
   bacaan

Teks Bacaan
0 Membuat 
   pertanyaan berdasarkan bacaan 
   informasi yang dibaca
0 Memberikan 
   tanggapan berupa pertanyaan 
   atau saran
0 Menceritakan 
    kembali isi bacaan secara lisan
0 Mencari informasi 
   lain di surat kabar
0 Menanggapi isi 
   bacaan



1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.82-84 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.3. Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan
* Memahami kalimat pengandaian
0 Siswa dapat membaca percakapan bersama teman
0 Siswa dapat menentukan pokok-pokok pembicaraandalam percakapan
0 Siswa dapat melengkapi percakapan yang belum lengkap
0 Siswa dapat membuat percakapan bersama teman
0 Siswa dapat membuat kalimat pengandaian

Teks Percakapan
0 Membaca percakapan bersama teman
0 Menentukan pokok-pokok  
   pembicaraandalam percakapan
0 Melengkapi percakapan yang belum  
   lengkap
0 Membuat percakapan bersama teman
0 Membuat kalimat pengandaian


 2  X pertemuan
  4  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 84-87 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan


SILABUS
Pelajaran 7
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan               
1.1 Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibaca





0 Siswa dapat mendengarkan  
    pembacaan teks berita radio  
    yang dibacakan guru
0 Siswa dapat menjawab  
   pertanyaan berdasarkan berita  
   radio yang didengarkan
0 Siswa dapat mencatat pokok-
   pokok informasi berita radio 
   yang lain
0 Siswa dapat menanggapi dan 
   membuat kesimpulan isi berita  
   radio yang didengar

Berita Radio
0 Mendengarkan 
    pembacaan teks berita radio 
    yang dibacakan guru
0 Menjawab 
   pertanyaan berdasarkan berita 
   radio yang didengarkan
0  Mencatat pokok-
   pokok informasi berita radio 
   yang lain
0 Menanggapi dan 
   membuat kesimpulan isi berita  
   radio yang didengar


 1 X pertemuan
  2X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 96-97 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
.1.2 Menanggapi                             ( memuji/mengkritik ) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun



0 Siswa dapat  membaca      
   percakapan berisi kritikan dan   
   pujian
0 Siswa dapat memuji dan    
   mengkritikberdasarkan    
   penjelasan
0 Siswa dapat membuat  
   percakapan menggunakan  
   kalimat pujian dan kritikan
Teks percakapan
0 Membaca percakapan berisi   
    kritikan dan pujian
0 Memuji dan  
    mengkritikberdasarkan  
    penjelasan
0 Membuat percakapan  
    menggunakan kalimat pujian  
    dan kritikan
1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.97-100 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
0 Siswa dapat membaca laporan     
   hasil pengamatan
0 Siswa dapat membahas isi 
   laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat memberikan saran 
   disertai alas an
0 Siswa dapat menjelaskan isi 
    laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat membuat laporan 
   hasil pengamatan kemudian 
   menjelaskannya
Laporan hasil pengamatan
0 Membaca laporan     
   hasil pengamatan
0 Membahas isi 
   laporan hasil pengamatan
0 Memberikan saran 
   disertai alas an
0 Menjelaskan isi 
    laporan hasil pengamatan
0 Membuat laporan 
   hasil pengamatan kemudian 
   menjelaskannya


1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.100-101 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
0 Siswa dapat membacakan puisi dengan  
    lafal dan intonasi yang tepat
0 Siswa dapat mengubah puisi ke dalam  
    bentuk prosa
0 Siswa dapat menulis puisi dan  
    membacakannya dengan lafal dan 
    intonasi yang tepat
0 Siswa dapat memparafrasekan puisi 
   karya sendiri
0 Siswa dapat  memahami pengunaan 
   keterangan waktu dan tempat

Puisi
0 Membacakan puisi dengan 
    lafal dan intonasi yang tepat
0 Mengubah puisi ke dalam 
    bentuk prosa
0  Menulis puisi dan 
    membacakannya dengan lafal dan 
    intonasi yang tepat
0  Memparafrasekan puisi 
   karya sendiri
0  Memahami pengunaan 
   keterangan waktu dan tempat



 2  X pertemuan
  4  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 101-103 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

SILABUS
Pelajaran  8
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan               
 1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca







0 Siswa dapat mendengarkan 
   dongeng
0 Siswa dapat menjawab  dan  
   membuat pertanyaan  
   berdasarkan dongeng yang  
   didengar
0 Siswa dapat menentukan tokoh 
   dan sifat tokoh dongeng yang 
   didengar
0 Siswa dapat menentukan  
    latar,tema,dan amanat dongeng  
   yang didengar
0 Siswa dapat menceritakan  
   kembali dongeng yang didengar
0Siswa dapat menentukan  
   tokoh,amanat,tema cerita lain

Teks Dongeng
0 Mendengarkan 
   dongeng
0  Menjawab  dan 
   membuat pertanyaan 
   berdasarkan dongeng yang 
   didengar
0 Menentukan tokoh 
   dan sifat tokoh dongeng yang 
   didengar
0 Menentukan 
    latar,tema,dan amanat dongeng 
   yang didengar
0 Menceritakan 
   kembali dongeng yang 
   didengar
0 Menentukan 
   tokoh,amanat,tema cerita lain
 2 X pertemuan
   4 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 110-111Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
 2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtun ,baik danbenar




0 Siswa dapat  membaca      
    Teks bacaan dalam surat kabar
0 Siswa dapat menjawab 
    pertanyaan  berdasarkan teks  
    bacaan
0 Siswa dapat mencatat informasi 
   penting yang terdapat dalam teks 
   bacaan kemudian                   
   menyampaikannya secara lisan
Teks Bacaan
0 Membaca      
    Teks bacaan dalam surat kabar
0 Menjawab 
    pertanyaan  berdasarkan teks  
    bacaan
0 Mencatat informasi 
   penting yang terdapat dalam 
    teks  bacaan kemudian                                      
   menyampaikannya secara lisan
1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.112-113  Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
 3.1 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu       ( majalah  anak,Koran dll )
0 Siswa dapat membaca intensif 
   teks bacaan
0 Siswa dapat menjawab 
   pertanyaan bacaan berdasarkan 
   teks bacaan yang dibaca
0 Siswa dapat menanggapi isi 
   bacaan informasi
0 Siswa dapat membaca teks di 
    surat kabar kemudian mencatat 
    dan menanggapi informasinya

Teks Bacaan
0 Membaca intensif 
   teks bacaan
0 Menjawab 
   pertanyaan bacaan berdasarkan 
   teks bacaan yang dibaca
0 Menanggapi isi 
   bacaan informasi
0 Membaca teks di 
    surat kabar kemudian  
    mencatat  dan menanggapi 
    informasinya
1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.114-115  Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
 4.1 Mengisi formulir           ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll) dengan benar
# Kalimat majemuk bertingkat
0 Siswa dapa memahami  penulisan 
   formulir pendaftaran
0 Siswa dapat mengisi formulir 
   pendaftaran dengan benar
0 Siswa dapat mencari contoh formulir 
   pendaptaran kemudian 
   membandingkannya
0 Siswa dapat mengubah data diri dalam 
   formulir pendaftaran ke dalam bentuk 
   narasi
0 Siswa dapat memahami kalimat 
   majemuk bertingkat
0 Siswa dapat memisahkan kalimat 
   majemuk bertingkat menjadi beberapa 
   kalimat tunggal
Formulir Pendaftaran
0 Memahami  penulisan 
   formulir pendaftaran
0 Mengisi formulir 
   pendaftaran dengan benar
0 Mencari contoh formulir 
   pendaptaran kemudian 
   membandingkannya
0 Mengubah data diri dalam 
   formulir pendaftaran ke dalam bentuk 
   narasi
0 Memahami kalimat 
   majemuk bertingkat
0 Memisahkan kalimat 
   majemuk bertingkat menjadi beberapa  kalimat tunggal
 2  X pertemuan
  4  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 115-119 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan


SILABUS
Pelajaran  9
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan               
 1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibaca







0 Siswa dapat mendengarkan 
   Cerita pendek kemudian menjawab 
    pertanyaan
0 Siswa dapat menentukan tokoh 
   dan sifat tokoh cerita pendek yang 
   didengar
0 Siswa dapat menentukan 
    latar,tema,dan amanat cerita pendek
    yang didengar
0 Siswa dapat menceritakan 
   kembali cerita pendek  menuju ke alur                       
   yang ditentukan
0 Siswa dapat menentukan 
   tokoh,amanat,tema ceritapendek  lain

Teks Cerita Pendek
0 Mendengarkan 
   Cerita pendek kemudian menjawab    
    pertanyaan
0  Menentukan tokoh 
   dan sifat tokoh cerita pendek yang 
   didengar
0  Menentukan 
    latar,tema,dan amanat cerita pendek
   yang didengar
0  Menceritakan 
   kembali cerita pendek  menuju ke 
    alur yang ditentukan
0  Menentukan 
   tokoh,amanat,tema ceritapendek  lain

 2 X pertemuan
   4 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 128 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
 1.2 Menanggapi                             ( memuji/mengkritik ) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun





0 Siswa dapat  memperagakan 
   percakapan yang mengandung     
   oujian
0 Siswa dapat memberikan 
    tanggapan  terhadap suatu 
    hal/keadaan
0 Siswa dapat menyampaikan 
    tanggapan kepada orang lain
0 Siswa dapat membuat 
    percakapan
Teks Percakapan
0 Memperagakan 
   percakapan yang mengandung     
   oujian
0 Memberikan 
    tanggapan  terhadap suatu 
    hal/keadaan
0 Menyampaikan 
    tanggapan kepada orang lain
0  Membuat 
    percakapan
1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.129 – 131 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
 3.1 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusu       ( majalah  anak,Koran dll )
0 Siswa dapat membaca  
   teks bacaan dengan seksama
0 Siswa dapat menentukan pokok 
    pikiran setiap paragraph
0 Siswa dapat menanggapi isi 
    bacaan



Teks Bacaan
0 Membaca 
   teks bacaan dengan seksama
0 Menentukan pokok 
    pikiran setiap paragraph
0 Menanggapi isi 
    bacaan




1 X pertemuan
2 X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.131-133 Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 6/ pertama
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
 4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
* Menggunakan tanda garis miring dalam kalimat
0 Siswa dapa membaca puisi dengan penghayatan
0 Siswa dapat mencatat pesan atau amanat puisi
0 Siswa dapat memparafrasekan puisi yang telah disediakan
0 Siswa dapat mencari pusi dan memparafrasekan puisi tersebut
0 Siswa adapat mengenal penggunaan tanda baca garis miring /
0 Siswa dapat membubuhi tanda baca garis miring dalam kalimat

Formulir Pendaftaran
0 Membaca puisi dengan penghayatan
0  Mencatat pesan atau amanat puisi
0  Memparafrasekan puisi yang telah 
    disediakan
0  Mencari pusi dan memparafrasekan 
     puisi tersebut
0  Mengenal penggunaan tanda baca 
     garis miring /
0  Membubuhi tanda baca garis miring 
    dalam kalimat

 2  X pertemuan
  4  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 133 – 136  Penerbit Erlangga
0 Lisan
0 Tertulis
0 Penugasan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya berkomentar